Otoritas Jasa Keuangan – OJK 1


Otoritas Jasa Keuangan #OJK dibentuk untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat dari segala pelanggaran UU dan Peraturan keuangan yang berada dibawah kewenangan OJK (pasal 4 UU No 21 Tahun 2011).

Untuk itu OJK menyediakan sarana bagi konsumen dan masyarakat dalam menyampaikan informasi atau menyampaikan pengaduan yang berkaitan dengan produk dan/atau jasa yang dibuat dan ditawarkan oleh Lembaga Jasa Keuangan.

Konsumen LJK adalah pihak-pihak yang menempatkan dananya dan/atau memanfaatkan pelayanan yang tersedia di Lembaga Jasa Keuangan antara lain : nasabah di industri Perbankan, pemodal di industri Pasar Modal, pemegang polis di industri Asuransi, peserta Dana Pensiun (tidak termasuk pensiunan PNS), dan nasabah di industri Pembiayaan dan Penjaminan berdasarkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.

Untuk konsumen perbankan, sebagaimana disebutkan dalam UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, Bab XIII mengenai Ketentuan Peralihan, pasal 55 angka (2) yang menyatakan bahwa fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan dan pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan baru akan beralih dari Bank Indonesia ke OJK pada tanggal 31 Desember 2013.

Dengan demikian, sampai dengan 31 Desember 2013, OJK hanya menangani permintaan informasi dan pengaduan Konsumen dan masyarakat yang berkaitan dengan sektor pasar modal dan sektor keuangan non-bank.

Info terkait :

Tata Cara Penyampaian Aduan

Apa Sih OJK ?- @Bundawita Chirpstory

Sumber : www.OJK.go.id

 

pf button both Otoritas Jasa Keuangan   OJK
share save 171 16 Otoritas Jasa Keuangan   OJK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One thought on “Otoritas Jasa Keuangan – OJK

  • Reply
    desy ratna puspita

    saya mau tanya, bagaimana prosedur apabila mahasiswa ingin observasi ataupun magang di Lembaga OJK?